RANCANG BANGUN DESTILASI BIO-ETANOL UNTUK MASYARAKAT PEDESAAN BERBAHAN BAKU SINGKONG

Authors

  • Impol Siboro, IS Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v1i1.11

Abstract

Bioetanol berbahan baku singkong merupakan alternatif dalam mengatasi semakin menipisnya ketersediaan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui, yang dapat memberikan dampak di segala sektor kehidupan terutama sektor transportasi. Singkong adalah tanaman budidaya kerakyatan dan mudah di tanam, proses destilasi juga mudah dilakukan, sehingga memiliki prospek yang cerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, membuat dan menguji alat destilasi bioetanol yang mobile sehingga dapat dipindah ke tempat sentra bahan baku yang pada umunya di tanam oleh masyarakat secara berkelompok.
Penelitian dilakukan di wilyah Kabupaten Kutai Kartanegara Kelurahan Selokapi darat., adapun parameter yang diamati adalah kapasitas efektif alat, efisiensi alat, kadar alkohol.
Diharapkan dengan hasil penelitian ini dapat menemukan alat yang efisien dan murah untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat banyak dengan kwalitas baik dan kadar hasil bio etanol yang tinggi 90%. Yang tentunya dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti bahan bakar kerosene dan penghasilan tambahan bagi masyarakat pedesaan dan home industri

Author Biography

Impol Siboro, IS, Universitas Balikpapan

Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Universitas Balikpapan

Published

2015-06-20

How to Cite

Siboro, I. (2015). RANCANG BANGUN DESTILASI BIO-ETANOL UNTUK MASYARAKAT PEDESAAN BERBAHAN BAKU SINGKONG. IDENTIFIKASI, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v1i1.11

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.