HR PENERAPAN SISTEM PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI AREA OPERASI PT SINGLURUS PRATAMA BLOK MERDEKA, SAMBOJAR

Authors

  • admin

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v1i1.12

Abstract

Kebakaran perusahaan adalah sesuatu yang sangat tidak diingini oleh pengusaha maupun oleh karyawan. Bagi pengusaha, kebakaran di perusahaan akan menimbulkan kerugian yang sangat besar karena kehilangan aset yang berharga. Bangunan dan lingkungan di area operasi PT Singlurus Pratama mempunyai potensi sebagai sumber bahaya kebakaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil identifikasi bahaya kebakaran, gambaran tingkat pemenuhan sistem manajemen tanggap darurat kebakaran, sarana proteksi aktif & sarana penyelamatan jiwa serta upaya-upaya penanggulangan kebakaran di area PT Singlurus Pratama, Blok Merdeka, Samboja.

Jenis penelitian adalah deskriptif yaitu membandingkan data yang diperoleh dengan standar acuan yaitu Permen PU No. 26/PRT/M/2008 tentang persyaratan teknis sistem proteksi kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan, NFPA 10, NFPA 13, NFPA 72E, NFPA 73E, NFPA 101.

Hasil penelitian menunjukkan di PT Singlurus Pratama mempunyai bahaya kebakaran kelas A, B dan C. Sedangkan gambaran tingkat pemenuhan sistem penanggulangan kebakaran di PT Singlurus Pratama Blok Merdeka adalah sebesar 82% dengan klasifikasi pemenuhan”baik”. Dalam penanggulangan kebakaran PT Singlurus Pratama saat ini mempunyai upaya-upaya penanggulangan seperti pembuatan prosedur tanggap darurat, pembentukan tim tanggap darurat, pelatihan tim dll.

Saran yang diberikan penulis kepada PT Singlurus Pratama mengenai hasil penelitian yaitu agar perusahaan memperbaiki dan meningkatkan sistem penanggulangan kebakaran dengan memenuhi komponen sistem penanggulangan kebakaran yang belum terpasang seperti pemasangan detector dan alarm kebakaran, sistem hidran,sistem sprinkler dan penerangan darurat di area kantor.

Kata kunci : Kebakaran, Standar acuan.

Published

2015-06-20

How to Cite

admin. (2015). HR PENERAPAN SISTEM PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI AREA OPERASI PT SINGLURUS PRATAMA BLOK MERDEKA, SAMBOJAR. IDENTIFIKASI, 1(1), 31–35. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v1i1.12

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.