Maslina KESELAMATAN KERJA PADA PROSES PEKERJAAN PENGANGKATAN (LIFTING) DENGAN MELIBATKAN PESAWAT ANGKAT DAN PERALATAN PENGANGKATAN (MOBILE CRANE LIFTING EQUIPMENT

Authors

  • admin
  • Maslina Maslina, Maslina Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v1i1.15

Abstract

Pekerjaan pengangkatan (lifting) merupakan salah satu pekerjaan dengan katagori risiko tinggi (high risk job). Gagalnya pengangkatan beban, rusaknya alat peralatan, rusaknya material yang diangkat, dan kerusakan lingkungan kerja disekitarnya, serta cidera atau bahkan terjadinya kematian adalah bagian dari rangkaian bahaya yang mungkin saja terjadi saat proses pekerjaan pengangkatan dengan melibatkan pesawat angkat (mobile crane) dan peralatan angkat (lifting gear).

Fokus penelitian ini adalah salah satu upaya untuk menemukan jawaban penyebab atas terjadinya kegagalan proses pengangkatan yang berakibat pada kecelakaan kerja pada proses pekerjaan pengangkatan di lingkungan pekerjaan. Diharapan hasil penelitian ini nantinya dapat menjadi pedoman atau rujukan untuk melaksanakan proses pekerjaan pengangkatan dengan baik, lancar, aman dan selamat.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada tiga faktor yang menciptakan peluang terjadinya kecelakaan kerja khususnya pada pekerjaan pengangkatan dengan melibatkan pesawat angkat (mobile crane) yaitu (a) Faktor manusia; (b) Faktor Alat, Peralatan, dan Lingkungan Kerja; dan (c) Faktor Sistem Manajemen dan Budaya Perusahaan. Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, faktor manusia memegang peranan penting dan dominan menciptakan peluang terjadinya kecelakaan kerja dan menghadirkan penyakit akibat kerja. Penguasaan ilmu pengetahun dasar seperti fisika dan matematika sangat diperlukan untuk memecahkan permasalahan khususnya pekerjaan pengangkatan yang melibatkan pesawat angkat. Disamping kepatuhan pekerja akan prosedur kerja, juga berperan penting dalam upaya menghindarkan kecelakaan kerja.

Published

2018-03-20

How to Cite

admin, & Maslina, M. (2018). Maslina KESELAMATAN KERJA PADA PROSES PEKERJAAN PENGANGKATAN (LIFTING) DENGAN MELIBATKAN PESAWAT ANGKAT DAN PERALATAN PENGANGKATAN (MOBILE CRANE LIFTING EQUIPMENT. IDENTIFIKASI, 1(1), 16–19. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v1i1.15

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.