FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN KERJA PENGEMUDI KENDARAAN OPERASIONAL TERHADAP KECELAKAAN KERJA DI PT. ISS INDONESIA

Authors

  • Padyo Budi

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i1.33

Abstract

Kelelahan kerja merupakan salah satu penyebab kecelakaan kerja yang melibatkan pengemudi kendaraan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor usia dan peraturan perusahaan terhadap kelelahan kerja pengemudi kendaraan operasional yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja di PT. ISS Indonesia, agar dapat ditemukan pengendalian yang tepat atas permasalahan

tersebut.

 

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Variabel yang diteliti adalah usia dan peraturan perusahaan yang dalam hal ini adalah durasi mengemudi dalam  24  jam  dan  pelatihan mengenai cara  mengemudi yang  aman (safety driving). Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 10 responden, yang terdiri dari pengemudi kendaraan operasional di PT. ISS Indonesia cabang Balikpapan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor usia dan durasi mengemudi berpengaruh terhadap kelelahan kerja yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja, namun faktor pelatihan mengenai cara mengemudi yang aman (safety driving) tidak berpengaruh terhadap kelelahan kerja, akan tetapi dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan kerja.

References

Kelelahan kerja, kecelakaan kerja, usia, durasi mengemudi, safety driving

Published

2018-11-26

How to Cite

Budi, P. (2018). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN KERJA PENGEMUDI KENDARAAN OPERASIONAL TERHADAP KECELAKAAN KERJA DI PT. ISS INDONESIA. IDENTIFIKASI, 3(1), 7–17. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i1.33

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.