ANALISA PENILAIAN RESIKO PADA PROSES PENGELASAN DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS

STUDI KASUS: PT. MEINDO ELANG INDAH

Authors

  • James James

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana penerapan hasil penilaian   resiko   yang   dilakukan   PT.   Meindo   Elang   Indah   dan   bagaimana pengendalian bahaya pada pekerjaan proses pengelasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, metode deskriptif ini terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan atau peristiwa sebagaimana yang bersifat sekedar untuk mengungkapkan fakta. Hasil penelitian ini Iebih ditekankan pada memberikan gambaran objektif tentang keadaan sebenamya dari objek yang diteliti.

Dari hasil penelitian yang dilakukan dan hasil analisa serta pembahasan hasil penelitian pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa     pengendalian bahaya yang terdapat di setiap langkah kerja pada proses pengelasan dapat dijabarkan dengan lebih rinci untuk memudahkan pekerja memahami isi dari penilaian resiko dari setiap aktifitas yang dilakukan dan pengawasan dari manajemen untuk setiap aktifitas pekerjaan di wilayah PT. Meindo Elang Indah.

Disarankan  bahwa  perlu  penilaian  resiko  (JRA)  atau  Job  Safety  Analysis (JSA) di masing – masing aktifitas selalu menjabarkan pengendalian bahaya yang diperlukan untuk mencegah bahaya yang ada di setiap aktifitas, , Melakukan pengawasan terhadap setiap hasil penilaian resiko yang telah dilakukan untuk memastikan hasil tersebut telah diterapkan oleh para pekerja dengan benar dan baik dan memastikan semua pekerja yang terlibat di salah satu aktifitas pekerjaan telah memahami semua bahaya dan resiko yang ada di aktifitas yang pekerja akan lakukan.

References

Analisa, Resiko dan Metode

Published

2018-11-26

How to Cite

James, J. (2018). ANALISA PENILAIAN RESIKO PADA PROSES PENGELASAN DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS: STUDI KASUS: PT. MEINDO ELANG INDAH. IDENTIFIKASI, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i1.34

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.