ANALISIS ZONA SELAMAT SEKOLAH TERHADAP KESELAMATAN PENYEBERANG JALAN DI SD KEMALA BHAYANGKARI BALIKPAPAN

Authors

  • Maslina Maslina

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i1.35

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang transportasi dan peradaban yang menginginkan segala sesuatu serba cepat, sering menjadikan manusia khususnya anak-anak sebagai korban, termasuk korban kecelakaan lalu lintas. Sehubungan dengan keselamatan lalu lintas di jalan raya khususnya di lingkungan/kawasan Sekolah/Pendidikan, murid-murid diharapkan dapat datang dan pergi sekolah dalam keadaan selamat melalui pengembangan Program Zona Selamat Sekolah (ZoSS).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Zona Selamat Sekolah terhadap keselamatan penyeberang jalan di SD Kemala Bhayangkari Balikpapan. Metode yang digunakan mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No: SK 3236/AJ 403/DRJD/2006 tentang Uji Coba Penerapan Zona Selamat Sekolah. Analisa data dilakukan dengan statistik distribusi normal (uji Z), dengan membandingkan nilai Zhitung dengan nilai Ztabel dengan tingkat kesalahan 5% untuk perilaku penyeberang dan kecepatan kendaraan.

Zona Selamat Sekolah kurang memiliki pengaruh terhadap keselamatan penyeberang jalan di SD Kemala Bhayangkari Balikpapan. Hal ini terlihat dari hasil analisis data kecepatan kendaraan dan hasil analisis data perilaku penyebrang jalan yang menunjukkan bahwa penyeberang jalan di SD Kemala Bhayangkari Balikpapan belum selamat walaupun telah ada Zona Selamat Sekolah.

References

Zona Selamat Sekolah, Keselamatan penyeberang jalan.

Published

2018-11-26

How to Cite

Maslina, M. (2018). ANALISIS ZONA SELAMAT SEKOLAH TERHADAP KESELAMATAN PENYEBERANG JALAN DI SD KEMALA BHAYANGKARI BALIKPAPAN. IDENTIFIKASI, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i1.35

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.