EVALUASI MANAJEMEN KEBAKARAN DAN TANGGAP DARURAT PADA GEDUNG PERKANTORAN PT. HALLIBURTON INDONESIA DI BALIKPAPAN

Authors

  • Hardiyono Hardiyono

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i2.39

Abstract

Latar Belakang: Menurut Kepmen No. 186/MEN/1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran Di Tempat Kerja, organisasi tanggap darurat kebakaran adalah satuan tugas yang mempunyai tugas khusus fungsional di bidang kebakaran. Petugas peran penanggulangan kebakaran adalah petugas yang ditunjuk dan diserahi tugas tambahan untuk mengidentifikasi sumber bahaya dan melaksanakan upaya penanggulangan kebakaran unit kerjanya.

Metode Penelitian: Metode yang digunakan berupa metode deskripstif, melalui pendekatan observasional dengan menilai tingkat pemenuhan penerapan sistem proteksi aktif, dan tanggap darurat terhadap bahaya

kebakaran. Hasil observasi akan dibandingkan dengan standar acuan yang berlaku.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan rata-rata tingkat pemenuhan sistem proteksi aktif sebesar 69,22 %; dan rata-rata  tingkat pemenuhan tanggap darurat sebesar 100 %.

Kesimpulan: Evaluasi tingkat pemenuhan manajemen kebakaran dan tanggap darurat pada gedung perkantoran PT. Halliburton Indonesia di Balikpapan yang telah dicapai adalah baik artinya sesuai dengan persyaratan perundang-undangan.

References

Manajemen Kebakaran, Tanggap Darurat Pada Gedung Kantor.

Published

2018-11-26

How to Cite

Hardiyono, H. (2018). EVALUASI MANAJEMEN KEBAKARAN DAN TANGGAP DARURAT PADA GEDUNG PERKANTORAN PT. HALLIBURTON INDONESIA DI BALIKPAPAN. IDENTIFIKASI, 3(2), 27–33. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i2.39

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.