HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU HYGIENE PADA PENJAMAH MAKANAN DI PT AEROFOOD AERO CATERING SERVICE UNIT BALIKPAPAN

Authors

  • Nur Falah

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i2.41

Abstract

Di Indonesia telah terjadi keracunan makanan sebesar 22,2% di mana sumber pangannya berasal dari industri jasa dan merupakan tertinggi kedua setelah masakan rumah tangga. Keamanan pangan adalah upaya hygiene dan sanitasi makanan agar dapat menghasilkan makanan atau produk yang aman untuk dikonsumsi serta bergizi. Penjamah makanan adalah orang yang secara langsung berhubungan dengan makanan dan peralatan mulai dari tahap persiapan, pembersihan, pengolahan, pengangkutan sampai dengan penyajian, Oleh karena itu penjamah makanan sebaiknya mempunyai pengetahuan dan perilaku yang mencerminkan hygiene sanitasi yaitu upaya kesehatan yang mempelajari pengaruh kondisi lingkungan terhadap kesehatan manusia, dan pengertian dari personal hygiene adalah sikap bersih perilaku penjamah makanan agar makanan tidak tercemar.

References

Food Handler, Personel hygiene, Hygiene Sanitasi

Published

2018-11-26

How to Cite

Falah, N. (2018). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU HYGIENE PADA PENJAMAH MAKANAN DI PT AEROFOOD AERO CATERING SERVICE UNIT BALIKPAPAN. IDENTIFIKASI, 3(2), 34–43. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v3i2.41

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.