SUSTAINABILITY PROCESS SAFETY: DESIGN DATA INTO OPERATION AND MAINTENANCE IN THE PROCESSING INDUSTRY OF HAZARDOUS CHEMICAL

Authors

  • Masjuli Masjuli

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v2i1.24

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk berbagi pengalaman dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan, yang diakibatkan oleh tidak sustainability design data ke dalam kegiatan operasi dan maintenance. Design data yang tidak digunakan pada saat kegiatan operasi dan maintenance antara lain seperti pembelian material operasi saat digunakan langsung rusak, pelaksanaan schedule maintenance tidak sesuai dengan yang direncanakan (overdue), training personil tidak sesuai dengan kaidah training process safety, sistem dokumentasi tidak memenuhi kaidah-kaidah dokumentasi. Maka salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut, adalah melakukan monitoring dan kontrol yang ketat secara mingguan atas  process safety management yang diterapkan antara lain yaitu proses pembelian peralatan operasi, schedule maintenance, training personil dan system dokumentasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan instrument penelitian pengamatan lapangan. Hasil yang didapat, sustainability design data belum sepenuhnya digunakan ke dalam kegiatan operasi dan maintenance. Karena procedure tentang perlunya sustainability design data ke dalam operation and maintenance belum ada, monitoring dan control penerapan sustainability design data belum sesuai dengan prosedur monitoring dan control, kompetensi personil belum memenuhi persyaratan process safety dan regulasi yang dibuat pemerintah tentang process safety belum ada.

Kesimpulan dari penelitian ini, sustainability   design   data belum diterapkan secara penuh ke dalam kegiatan operasi dan maintenance. Disarankan untuk sustainability design data ke dalam kegiatan operasi dan maintenance, maka masing-masing pihak yaitu industri, universitas, regulator dan lembaga independen dalam bidang process safety harus saling bahu membahu dengan cara, pihak regulator membuat Peraturan Pemerintah tentang Process Safety Management kemudian mengawasi penerapannya serta pembinaan terhadap industri, pihak universitas mencetak tenaga ahli process safety dengan kurikulum sesuai kebutuhan industri dan kurikulum tersebut harus selalu diupdate sesuai perkembangan teknologi, lembaga independen menggalakkan sosialisasi dan motivasi kepada semua pihak terkait tentang perlunya sustainability design data ke dalam kegiatan operasi dan maintenance, dan pihak industri dengan kesadaran serta disiplin yang tinggi menerapkan sustainability design data ke dalam kegiatan operasi dan maintenance.

References

Design data, Process Safety, As Build Engineering Data, Hazardous Chemical

Published

2018-11-19

How to Cite

Masjuli, M. (2018). SUSTAINABILITY PROCESS SAFETY: DESIGN DATA INTO OPERATION AND MAINTENANCE IN THE PROCESSING INDUSTRY OF HAZARDOUS CHEMICAL. IDENTIFIKASI, 2(1), 19–22. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v2i1.24

Issue

Section

Jurnal Penelitian

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.