PROGRAM INSPEKSI DALAM PENCAPAIAN BUDAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT HEXINDO ADIPERKASA TBK BALIKPAPAN

Authors

  • Muhammad Haedar Ali Rosyiid Universitas Balikpapan
  • Komeyni Rusba Universitas Balikpapan
  • Patunru Pongky Universitas Balikpapan
  • Adji Swandito Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v9i2.279

Keywords:

Budaya K3, Inspeksi K3, SMK3

Abstract

Budaya keselamatan dan kesehatan kerja (Budaya K3) merupakan kebiasaan atau kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan komitmen pekerja terhadap keselamatan pekerja itu sendiri maupun lingkungan sekitar pekerja. Salah satu budaya keselamatan dan kesehatan kerja yang ada pada PT Hexindo Adiperkasa Tbk Balikpapan adalah inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja. Inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja atau bisa juga disebut dengan pemeriksaan dengan cara seksama merupakan pemeriksaan yang dilakukan berdasarkan karakteristik tertentu yang sehubungan dengan objek inspeksi. Inspeksi dilakukan untuk memeriksa objek untuk memastikan bahwa objek yang diperiksa tersebut telah memenuhi standar tertentu demi terhindarnya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh peralatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi budaya keselamatan dan kesehatan kerja terhadap inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja beserta tahapan pelaksanaan inspeksi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana data data yang dikumpulkan merupakan kata-kata, data tersebut diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan arsip perusahaan. Data penelitian yang digunakan terdiri dari 2 (dua) jenis data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap prosedur pelaksaan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja dan langkah kerja. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara membandingkan antara prosedur pelaksanaan program inspeksi perusahaan dengan peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2012 tentang SMK3. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Hexindo Adiperkasa Tbk Balikpapan telah menerapkan program inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja yang terdiri dari inspeksi terencana dan tidak terencana yang meliputi pelaksanaan, tahapan, dan tindak lanjut dari masing-masing pelaksanaan inspeksi di PT. Hexindo adiperkasa Tbk Balikpapan dan telah sesuai dengan SOP dan peraturan yang berlaku. Maka pelaksanaan, tahapan dan tindak lanjut inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Hexindo Adiperkasa Tbk Balikpapan tergolong inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja yang sangat baik.

References

Andi Fachruddin. (2012). Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012. 8.5.2017, 2003–2005.

Anwar, Prabu, Mangkunegara. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Alkon. 1998. Manajemen Keselamatan Kerja Bagi Pengawas. Surabaya: Lembaga Pembinaan Keterampilan dan Manajemen.

Pertiwi, P., Tarwaka, Pgd. S., Erg, M., & Sri Darnoto, S. K. M. (2016). Hubungan Antara Perilaku Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja di PT Aneka Adhilogam Karya, Ceper, Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prasetyo, E., & Budiati, R. E. (2016). Analisis Program Inspeksi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Sebagai Bentuk Upaya Promosi Budaya K3 Di Lingkungan Kerja. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama.

PT. Hexindo Adiperkasa Tbk. (2022). Profil Perusahaan. , 73, 8–12.

Rinawati dkk. (2017). Program Inspeksi K3 Dalam Pencapaian Budaya K3 Di Industri Mie PT. ABC Semarang. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 2(1), 75–97. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/JIHOH/article/download/1274/953

Tarwaka, M. (2008). Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Tarwaka. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Keja : Manajemen dan Implementasi K3 di tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Tarwaka. 2015. Ergonomi Industri “Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Tarwaka. 2017. Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

UU RI Nomor 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. (1970). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja. Presiden Republik Indonesia, 14, 1–20.

Wardani, R., Ardiantoko, E., & Yudhana, A. (2012). Hubungan Budaya Kesehatandan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Di Bagian Instalasi Pg. Mritjan Kediri. Stikes Surya Mitra Husada Kediri, 1–6.

Putra, P. P. (2017). Penerapan Inspeksi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1 (3), 84–94.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rosyiid, M. H. A., Rusba, K., Pongky, P., & Swandito, A. (2023). PROGRAM INSPEKSI DALAM PENCAPAIAN BUDAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT HEXINDO ADIPERKASA TBK BALIKPAPAN. IDENTIFIKASI, 9(2), 828–836. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v9i2.279

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.