FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KELELAHAN KERJA PADA PENGEMUDI DUMP TRUK DI PT ABC

Authors

  • Dimas Abdi Pratama Universitas Balikpapan
  • Iwan Zulfikar Universitas Balikpapan
  • Nur Falah Setyawati Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v10i1.331

Keywords:

Faktor Kelelahan Kerja, Kelelahan Kerja

Abstract

Kelelahan kerja merupakan hal yang umum pada setiap tenaga kerja di berbagai perusahaan, dari beberapa penelitian, situasi ini dapat mempengaruhi kesehatan tenaga kerja dan dapat menurunkan produktivitas kerja, dimana kelelahan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor penyebab kelelahan kerja pada pengemudi dump truk di PT ABC. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan jenis penelitian analitik observasional dan rancangan studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18-20 Juli Tahun 2023 dengan populasi dalam penelitian ini adalah pengemudi dump truk di PT ABC yang berjumlah 71 orang dengan menggunakan rumus slovin. Variabel bebas adalah faktor-faktor penyebab kelelahan kerja, sedangkan variabel terikat adalah kelelahan kerja. Instrumen penelitian ini meggunakan kuesioner KAUPK2 (Kuesioner Alat Ukur Perasaan Kelelahan Kerja) dan kuesioner faktor-faktor penyebab kelelahan kerja. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian ini didapat ada hubungan waktu kerja dengan kelelahan kerja pada pengemudi dump truk dengan perolehan signifikan = 0,001, dan ada hubungan status kesehatan pekerja dengan kelelahan kerja pada pengemudi dump truk dengan perolehan signifikan = 0,001.

References

Maulani, H. A., Sukismanto, S., Yuningrum, H., & Nugroho, A. (2020). Shift Kerja dan Masa Kerja Terhadap Kelelahan Kerja pada Pengemudi Angkutan Batu Bara. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia,1 (1), 48-53.

Maurits, Lientje Setyawati. (2012). Selintas Tentang Kelelahan Kerja. Yogyakarta: Amara Books.

Narpati, J. R., Ekawati, E., & Wahyuni, I. (2019). Hubungan Beban Kerja Fisik, Frekuensi Olahraga, Lama Tidur, Waktu Istirahat dan Waktu Kerja dengan Kelelahan Kerja. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 337–344.

Notoadmojo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputri, S. R., Mappangile, A. S., & Zainul, L.M. (2019). Shift kerja dengan kelelahan kerja petugas keamanan di PT Pertamina Hulu Mahakam Balikpapan. Jurnal Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lindungan Lingkungan, 5(2), 184–188.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suma'mur. (2009). Hiegiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: CV. Segung Seto.

Suma’mur, 2013. Higiene Perusahaan Dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: CV. Sagung Seto.

Susilowati, I. H., Syaaf, R. Z., Satrya, C., Hendra, H., & Baiduri, B. (2013). Pekerjaan, Nonpekerjaan, dan Psikologi Sosial sebagai Penyebab Kelelahan Operator Alat Berat di Industi Pertambangan Batu Bara. Kesmas: National Public Health Journal, 8(2), 91.

Tarwaka. (2008). Kesehatan dan Keselamatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Tarwaka. (2013). Ergonomi Industri. Surakarta: Harapan Press.

Tarwaka, PGDip. Sc., M.Erg. (2017). Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Harapan Press: Surakarta.

Williamson, D. G. (2019). Document 9. The Third Reich, 1(1), 168–168.

Zahra, A. N., & Kurniawidjaja, L. M. (2018). Construction Workers’ Fatigue Conditions at PT. X Construction Contractor Apartment Development in the 2017 Work Year. KnE Life Sciences, 4(5), 46.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Pratama, D. A., Zulfikar, I., & Setyawati, N. F. (2024). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KELELAHAN KERJA PADA PENGEMUDI DUMP TRUK DI PT ABC. IDENTIFIKASI, 10(1), 121–128. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v10i1.331

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.