PENILAIAN STANDARISASI PELATIHAN INTERNAL PT. BALIKPAPAN READY MIX

Authors

  • Glorya Carolina Leyley Universitas Balikpapan
  • Maslina Maslina Universitas Balikpapan
  • L. M. Zainul Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/identifikasi.v10i1.333

Keywords:

K3, Pelatihan Kerja, KKNI & SKKNI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui standarisasi pelatihan internal yang terdapat pada PT. Balikpapan Ready Mix sebagai salah satu Perusahaan yang besar dan berkembang di kota Balikpapan. Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan Observasi terhadap karyawan PT. Balikppan Ready Mix. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil Penelitian maka diketahui bahwa pelaksanaan program pelatihan PT. Balikpapan ready Mix baru berjalan dua kali. Pelatihan yang dilaksanakan adalah pelatihan basic fire dan basic safety. Untuk jenjang masih belum sesuai dengan   SKKNI dan KKNI dan masih tahap perencanaan hal ini dikarenakan safety baru masuk ditahun 2019 untuk pemenuhan admin RDMP, hal ini juga dikarenakan fasilitas yang masih minim dan belum memadai sehingga perlu persiapan lebih lanjut. Tenaga pelatih sendiri perusahaan menggunakan internal HSE atau dari HRD yang sudah bersertifikat untuk melakukan pelatihan. Sedangkan sertifikat sendiri hanya sebatas sertifikat internal saja. Pihak PT. BRM berkomitmen untuk melaksanakan pelatihan internal yang sesuai dengan standar nasional namun dengan perencanaan yang matang dan fasilitas yang sedikit demi sedikit mulai dipersiapkan. Berdasarkan hal tersebut maka saran yang dapat diberikan kepada PT. Balikpapan Ready Mix adalah untuk mengembangkan standarisasi pelaksanaan program pelatihan internal sesuai dengan KKNI & SKKNI yang berlaku.

References

Alfidyani, K. S., Lestantyo, D., & Wahyuni, I. (2020). Hubungan Pelatihan K3, Penggunaan APD, Pemasangan Safety Sign, Dan Penerapan Sop Denganterjadinya Risiko Kecelakaan Kerja (Studi Pada Industri Garmen Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 8(4), 478-483.

Anwar, Prabu Mangkunegara (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan Cetakan ke-2. Bandung Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21 update PLS Regresi. Semarang : Badan penerbitan Universitas Dipenegoro.

Haryadi, S., & Kundori, K. (2022). Peningkatan Kompetensi Masyarakat Nelayan Juwana Melalui Basic Safety Training (BST). Jurnal TUNAS, 3(2), 193-198.

Hasibuan, M, (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hamidiyah, E., Buchori, N. S., Yulianto, A. R., Huda, N., Tanjung, H., & Beik, I.S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Kompetensi Terhadap Kinerja Nazhir Dan Partisipasi Dalam Gerakan Perwakafan. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam, 15(2), 26-43.

Handoko, T. Hani. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jogjakarta: BPFE, 2014

Ida, N. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Menjahit Pada Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 11-19.

Kartika, R. D. (2022). Analisis Kebutuhan Pelatihan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Koperasi di Kecamatan Busung Biu. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 133-139.

Leatemia, S. Y. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Kantor Badan Pusat Statistik di Maluku). Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 1-10.

Mangkunegara, Anwar Prabu (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Mursiti, M., Sailah, I., Marimin, M., Romli, M., & Denni, A. (2021). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing Dan Berkelanjutan Pada Agroindustri Tebu: Tinjauan Literatur Dan Agenda Penelitian Mendatang. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(2), 129-142.

Notodiharjo, S., & Supriyoko, S. (2019). Pengembangan Modul Pelatihan untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 79-79.

Panambunan, O., Tewal, B., & Trang, I. (2017). Pengalaman Kerja, Pelatihan Kerja, Iklim Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Sabila, I. (2021). Optimalisasi Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pegawai Baru: Studi Deskriptif Di Balai Diklat Keagamaan Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif and R&D. Bandung: PT. Alfabeta

Sedarmayanti (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV Mandar Maju: Bandung.

Sudarmanto (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM; Teori, Dimensi, Pengukuran Dan Implementasi Dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yosef, S. P. & Dian, W (2018). Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Business Management Analysis Journal.

Yuli, Triastuti dkk (2021). Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mandom Indonesia Tbk. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis.

Zamrudi, Z. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengelasan dengan Proses Shielded Metal Arc Welding (SMAW) Berbasis SKKNI dan KKNI di Sekolah Menengah Kejuruan. (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Padang).

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Leyley, G. C., Maslina, M., & Zainul, L. M. (2024). PENILAIAN STANDARISASI PELATIHAN INTERNAL PT. BALIKPAPAN READY MIX. IDENTIFIKASI, 10(1), 136–142. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v10i1.333

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.