ANALISIS BEBAN KERJA TERHADAP STRES KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT INDOMARCO ADI PRIMA BALIKPAPAN

  • Andi Surraya Mappangile Universitas Balikpapan
  • Yohana Cornelia Pontoluli Universitas Balikpapan
  • Muhammad Zefri Universitas Balikpapan
Keywords: Burden, Stress, Employee Performance.

Abstract

Salah satu aspek yang mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan adalah dengan melihat prestasi kerja karyawan. Prestasi kerja dapat dilihat dari kualitas kerja seperti ketelitian, kerapian dan kedisiplinan karyawan melaksanakan tugas pekerjaan, selain itu tercapainya target merupakan suatu pretasi kerja. Dalam pelaksanaannya setiap karyawan memiliki beban kerja yang berbeda-beda. Jika kemampuan pekerja lebih rendah daripada tuntutan pekerjaan maka akan mucul kelelahan yang mengakibatkan stres kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh beban kerja terhadap stres kerja dan kinerja karyawan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 75 karyawan (total sampling) di PT Indomarco Adi Prima Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31 orang (41,3%) memiliki beban kerja berat, 41 orang (54,5%) memiliki tingkat stres kerja sedang, dan 47 orang (62,7%) kinerjanya tidak baik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa beban kerja berpengaruh terhadap stres kerja dan kinerja karyawan, dengan diperoleh nilah signifikansi p < 0,05 yaitu sebesar 0,000.

References

Andriani, A. 2014. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Stres Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, No. 2.
Astianto, Suprihhadi H. 2014. Pengaruh Stres Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No.7.
Manuaba, A. 2011, Ergonomi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Dalam :Wigny Osvebroto, S & Wiratno, SE, Eds, Procendings Seminar Nasional Ergonomi. PT. Guna Widya, Surabaya : 1-4.
Nabila, H. 2013. Pengukuran Hars dan Dass. Available from: https://www.scribd.com/document/334065153/Pengukuran-Hars-Dan-Dass. [diakses tanggal 20 Oktober 2018].
Chung, Kae. E & Megginson, Leon. Organisasi Behavior; Development Managerial, New York, Hopper, Publisher.
Published
2019-12-15
How to Cite
Mappangile, A., Pontoluli, Y., & Zefri, M. (2019, December 15). ANALISIS BEBAN KERJA TERHADAP STRES KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT INDOMARCO ADI PRIMA BALIKPAPAN. IDENTIFIKASI: Jurnal Ilmiah Keselamatan, Kesehatan Kerja Dan Lindungan Lingkungan, 5(2), 112-119. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/identifikasi.v5i2.94
Section
Articles